Thursday, May 18, 2017

Outsourcing

pic was taken from: http://www.propelgrowth.com/2014/08/28/house-vs-outsourced-content-marketing/

Ok, first of all, let set the context. Kita bicara mengenai outsourcing ini untuk domain IT, bukan di house/office cleaning, and so on. :)  Praktik yang barangkali sudah berjalan sangat lama. Terlepas apakah Anda adalah pelaku IT di sektor layanan publik, organisasi berorientasi profit atau LSM, seems so sexy (dari kacamata manajemen), pun tidak selalu menjadi solusi terbaik. 

Di Gamatechno, we’ve been there, and still doing that occasionally. Saya ingin share 4 konsiderasi (dari pengalaman pribadi) ketika mempertimbangkan / memutuskan u/ meng-outsource sebuah IT project. Apakah Anda melakukannya juga?
  1. Efektivitas. Pertimbangkan waktu penyelesaian, kecepatan pemahaman (either memahami framework pengembangan atau proses bisnis pada produk tersebut), dan proses implementasi (tik tok -an kala perbaikan pasca UAT, misalnya). 
  2. Produktivitas. Melakukan outsourcing membuat Project Manager (PM) harus menaikkan level risk management-nya. Saya biasanya mewajibkan minimal 1 hari sekali harus ada aktivitas commit-an ke working repository project dan offline meeting sepekan sekali.
  3. Reputasi. Tentang ini, setidaknya 2 hal yang menjadi konsiderasi: trust and credentials. Tidak selalu lho, porsi yang di outsource itu berkenaan hanya dengan non-core modules. At a time, saya harus berbagi core-modules. Pick the one(s) you trust most! Bila mitra Anda adalah perusahaan, pastikan ada agreement NDA terlebih dahulu. Lalu tentang industry credentials, yap, Ask it, semisal itu menenangkan Anda (microsoft kek, oracle, project management institute, compTIA, etc.).
  4. Budaya. Jangankan lintas negara, lha wong sama-sama Jogja aja, beda perusahaan ya beda budayanya. Hehe. 1st, pastikan saja semua deliverables itu terkuantifikasi dan memiliki milestone-nya.. the 2nd is, carilah yang secara kultural itu mirip. It is project dude, bukan program. You dont have like forever to build chemistry whatsoever. 

That is all. Best of luck dengan project kalian. :)

No comments: