Thursday, July 19, 2012

Terjalnya Jalan menuju Surga

Sebuah hadist menyebutkan bahwa setelah Allah Subhanahu wata'ala menciptakan surga, Allah Subhanahu wata'ala memanggil Malaikat Jibril Alaihissalam, dan berfirman kepadanya, "Lihatlah di dalamnya, lalu melaporlah!" Setelah melihatnya, Malaikat Jibril Alahissalam berkata, "Ya Allah, demi kemuliaan-Mu, jika manusia mendengarnya, tentu tidak ada seorang pun yang tidak ingin memasukinya, yakni setelah mendengar dan meyakini kelezatan, ketenangan, kesenangan, dan kenikmatan di dalamnya, maka siapakah yang tidak akan berusaha dengan sungguh-sungguh untuk memasukinya?"

Kemudian Allah Subhanahu wata'ala menutupi (jalan ke) surga dengan berbagai kesukaran, seperti shalat, puasa, jihad, haji, dan sebagainya. Barangsiapa yang menjaga amal-amal tersebut, niscaya dapat memasuki surga. lalu Allah Subhanahu wata'ala berfirman kepada Malaikat Jibril Alaihissalam, "Lihatlah surga sekarang!" Setelah melihatnya, Malaikat Jibril Alaihissalam menjawab, "Ya Allah, jika demikian aku khawatir tidak akan ada manusia yang bisa memasukinya."

Demikian pula setelah Allah Subhanahu wata'ala menciptakan neraka. Malaikat Jibril Alaihissalam dipanggil dan disuruh melihat neraka. Setelah Malaikat Jibril Alaihissalam melihat isi neraka yang penuh siksa, musibah, kotoran, penderitaan, dan segala kesusahan, maka Malaikat Jibril Alaihissalam berkata, "Ya Allah, demi kemuliaan-Mu, jika manusia mendengar hal ini, tentu tidak akan ada yang mau memasukinya." Lalu Allah Subhanahu wata'ala menutupi (jalan ke) neraka dengan segala kesenangan dunia seperti zina, khamr, kezhaliman, melalaikan perintah Allah, dan sebagainya. Lalu Allah Subhanahu wata'ala berkata kepada Malaikat Jibril, "Sekarang lihatlah!" Setelah melihatnya, Malaikat Jibril Alaihissalam berkata, "Ya Allah, jika demikian, aku khawatir tidak ada seorang pun yang dapat selamat darinya."

Semoga kita diselamatkan dari neraka. Saudaraku, esok insyaAllah 1 Ramadhan 1433 H. Selamat berpuasa Ramadhan, semoga Allah selalu ridha dengan amal ibadah kita dan halalkan surga untuk kita kelak. Allahumma amin.

No comments: