Tuesday, January 03, 2006

Lesson Learned

Lesson learned, atau kata lainnya, pelajaran yang bisa diambil. Alias, hikmah di balik peristiwa. Dalam konteks sebuah proyek, proyek TI, Lesson learned  menjadi salah satu dokumen yg dihasilkan ketika project closing (selain arsip proyek, laporan akhir, dan presentasi akhir). Saya pribadi, selama ini tidak mendokumentasikannya. It’s kept in my brains, not all yet papered.

Kenapa dibutuhkan dokumen ini? Atau kenapa sampe muncul dokumen ini? Well, seperti kita tahu sama-sama bahwa salah satu ciri sebuah proyek TI adalah ketidakpastian, dan karena itu muncullah estimasi. Lesson learned ini akan digunakan supaya kita bisa belajar dari masa lalu dan mempersiapkan estimasi yang lebih baik ke depannya.

Kepastian tentang sebuah hal itu hanya disadari ketika sudah terjadi, dan karena semua orang selalu menginginkan kebaikan pada akhirnya, kita harus punya ilmu yang baik tentang estimasi atau perencanaan ini.

Last but not least, Aa Gym suka bilang, “Gagal merencanakan itu sama halnya dengan merencanakan kegagalan.” Entah siapa dulu yang membuat quote ini, tapi faktanya it always happens.

1 comment:

R. Topan Berliana said...

Hehe, km ternyata duluan menulis tentang ini. Argh! hehe.

Tulisannya oke. :)